Tipe Facial Wash Ideal [Review: Tea Tree 5.5 Cleansing Foam]

 Hai Assalamualaikum beauties.

Pemilihan facial wash yang tepat membuat kita lebih semangat melakukan skincare step selanjutnya gak sih? Kalau aku pribadi iya, karena kalau sudah salah pakai facial wash bakalan bikin mood untuk melanjutkan skincare step itu semacam ogah-ogahan. karena ya kulitnya tidak nyaman sejak awal.

Beberapa orang punya kriteria facial wash sendiri-sendiri, yang pasti facial wash harus menyegarkan, dingin dikulit, membersihkan dengan maksimal dan tetap lembab, tambahan untuk aku pribadi yaitu aku suka facialwash yang finishnya keset tapi tetap lembab. Jadi bukan yang licin gitu.

Facial wash juga berbeda untuk tipe kulit tertentu ya, jadi kenali kulitmu, tapi mau kulit sensitiv, oily, maupun dry pasti akan setuju kalau yang mild pasti lebih nyaman. Tipe kulitku oily dan berjerawat, tapi aku tetap suka yang tidak terlalu bikin kering, karena pasti dibagian wajah tertentu akan pecah dan perih. Dan sudah lama juga, aku menghindari produk facial wash yang ada scrub nya, dulu merasa lebih bersih kalau pakai yang ber-scrub, tapi ternyata itulah yang memicu jerawat semakin banyak.

Semakin belajar memahami kulit wajah, aku juga semakin mengerti kalau facial wash yang nyaman dipakai selain dilihat dari kandungannya (karena senstivitas tiap individu terhadap bahan tertentu berbeda) juga harus dilihat pH produk. Pada kulit normal yang biasanya memiliki sekresi sebum seimbang, pH kulit wajah berada pada angka 5.5. Sedangkan pada kulit berminyak, cenderung lebih asam sehingga pH lebih rendah yang sering kali dimiliki oleh pemilik kulit berjerawat dan mudah teriritasi. Jadi amannya ya di pH 5.5 itu tadi. Dan aku sudah membuktikan kenyamanan Facial Wash dengan pH normal untuk kulit, DEWPRE Tea Tree 5.5 Cleansing Foam dimana produk ini diformulasikan sesuai dengan pH kulit manusia yaitu 5.0-6.0.

Dewpre Tea Tree 5.5 Cleansing Foam
Dewpre Tea Tree 5.5 Cleansing Foam


DEWPRE Tea Tree 5.5 Cleansing Foam

Sabun wajah ini memiliki pH di 5.5  cukup untuk membersihkan dengan lembut sekaligus menjaga lipid alami kulit. 

PackagingMo

Dikemas dalam tube berukurn 120ml berwarna putih dan sedikit warna hijau identik dengan tea tree yang dikandung. Keterangan pada tube cukup jelas karena disebutkan kalau produk ini untuk pH Balancing, Formula yang lembut, menenangkan dan dilengkapi anti oksidan.

Ingredients: 

Water, Potassium Laureth Phosphate, Glycerin, Potassium Cocoyl Glutamate, Lauryl Hydroxysultaine, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Butylene Glycol, Melaleuca Altemifolia (Tea Tree ) leaf oil, Camellia Sinensis Leaf extract, Aspartic Acid, Caprylyl Glycol, Sodium Cocoyl Glutamate, 1,2-Hexanediol, Coco-Glucoside, Polyglyceryl-10 Laurate, Polyglyceryl-10 Myristate, Glyceryl Caprylate, Sodium Cocoyl Isethionate, Disodium EDTA, Allantoin, Quillaja Saponaria Bark Extract.

Main Ingredients: Tea Tree Oil dan Ekstrak Daun Camellia Sinensis yang kaya akan antioksidan, serta mengandung Allantoin untuk membantu menenangkan kulit dan moisturizer sebagai pengunci kelembaban agar kulit tidak kering.

Secara umum produk Dewpre memang bagus, karena menggunakan bahan alami, cruelty free, no animal tested, No paraben, No steroim, no synthetic pigment, no mineral oil, no alcohol, diformulasikan dan di produksi dengan teknologi Korea yang sudah terkenal keseriusannya dibidang skincare.

Dewpre Tea Tree 5.5 Cleansing Foam
Dewpre Tea Tree 5.5 Cleansing Foam


Tekstur dan Aroma

Dewpre tea Tree 5.5 Cleansing Foam ini berupa gel walaupun namanya foam, biasanya kalau kita mendengar cleansing foam berarti produknya ketika dikeluarkan berupa busa langsung atau whipped. Tapi ternyata produk ini berupa gel cleanser degan aroma Tea Tree.

Banyak perbedaan dan keunggulan Facial Cleanser Gel dengan lainnya, aku akan bahas antara Facial Cleanser foam, cream dan gel ya...

  •  Facial Cleanser Foam
Produk berbentuk foam biasanya setelah dikeluarkan dari wadah akan langsung berupa foam, atau awalnya seperti whip yang digosokkan sedikit saja busanya sangat banyak dan tebal.Tapi bentuk foam seperti ini akan menyerap sebum agak berlebihan, sehingga membuat kuli menjadi kering. Untuk kulit sensitiv dan kering akan membuat kulitnya semakin kering.
  • Facial Cleanser Cream
Sesuai dengan namanya dia bentuknya cream, tidak ada busa yang dihasilkan. Sudah pasti hasil yang dirasakan melembabkan dan agak sedikit berminyak, kulit oily tidak cocok menggunakan cleanser cream karena akan menambah sebum dikulitnya. Bukannya segar, malah gerah kalau masih berminyak, ya kan...
  • Facial Cleanser Gel
Berupa gel (rata-rata tidak berwarna ) dengan sedikit busa. Lebih mild dikulit tapi daya membersihkannya juga baik. Tidak ada rasa kering saat selesai digunakan, ataupun rasa berminyak. Jadi cocok untuk segala jenis kulit, yang sensitiv sekalipun. 

Setelah tau keunggulan Clenser gel barulah kita cari bahan yang cocok dengan kondisi kulit kita, dan telusuri juga pH dari cleanser yang kita punya. 

Potential of hydrogen atau dikenal dengan pH adalah kadar derajat keasaman yang digunakan untuk menyatakan tingkat keasaman atau kebasaan dari segala hal, salah satunya adalah kulit. Kadar pH sendiri memiliki besaran angka 1-14 dan dipengaruhi oleh sebum yang dihasilkan oleh kelenjar sebaceous untuk menjaga kelembapan dan elastisitas. Pada kulit normal yang biasanya memiliki sekresi sebum seimbang, pH kulit wajah berada pada angka 5.5. Sedangkan pada kulit berminyak, cenderung lebih asam sehingga pH lebih rendah yang sering kali dimiliki oleh pemilik kulit berjerawat dan mudah teriritasi.

Dewpre Tea Tree 5.5 Cleansing Foam
Dewpre Tea Tree 5.5 Cleansing Foam


Tips membuat ph kulit kembali seimbang

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kulit normal memiliki kadar pH 5.5. Sementara untuk kebanyakan produk sabun dan kosmetik memiliki pH 8-10. Menggunakan facial cleanser secara rutin pasti berpengaruh pada keseimbangan pH kulit. Untuk mengatasinya, kita harus selektif dalam memilih produk skincare. Perlu diketahui, menjaga keseimbangan pH kulit akan membantu menghindari kulit dari masalah, misalnya kulit kering dan jerawat. Paling mudah yaitu mengganti produk facial wash atau facial cleanser kita dengan produk yang peduli terhadap keseimbangan pH kulit wajah, yaitu Dewpre 5.5 tae tree clenasing foam, berupa gel dan ph seimbang untuk kulit.

Aku akan buktikan kalau produk Dewpre Tea Tree 5.5 Cleansing Foam ini memang berada pada pH 5.5, berbeda dengan cleansing gel punyaku lainnya. Berikut eksperimen sederhana menggunakan indikator universal.

pH Dewpre Tea Tree 5.5 Cleansing Foam
Dewpre Tea Tree 5.5 Cleansing Foam (pH test)

pH Dewpre Tea Tree 5.5 Cleansing Foam
pH Dewpre Tea Tree 5.5 Cleansing Foam

Dari gambar terlihat sama-sama gel cleanser (agar lebih adil pembandingnya), dan kebetulan gel cleanser aku cuma punya 1 yang bisa dibandingkan. Terlihat dari chart Indikator universal, bahwa pH strip yang dioleskan pada Dewpre tea Tree 5.5 Cleansing Foam warnanya berada diantara 5 dan 6 yatu tepatnya 5.5. Sedangkan untuk pembandingnya (katakan saja gel cleanser merk X) berada pada posisi 7 dan 8 yaitu di 7.5. Cukup mudah membaca indikaor universal. Kalian juga bisa coba dirumah ya...

Semisal ingin mencoba, kalian beli indikator Universal ini, aku tidak tahu apakah bisa dibeli secara "ecer" atau tidak, karena semasa kuliah (kuliah di jurusan Kimia)  kalau beli ya harus 1 box kecil, karena di box disediakan juga Chart pH untuk "mencocokkan" warna yang muncul sehingga bisa diketahui pH dari suatu larutan.

Untuk kasus membandingkan gel cleanser ini, karena produk berupa gel jadi langsung dioleskan diatas strip pH sampai batas yang berwarna, tidak perlu dilarutkan dengan air dahulu karena takut merubah pH nya. Karena prakteknya ini di rumah ya, mungkin kalau di laboratorium, kita bisa larutkan dengan sedikit aquades yang sudah terjaga kadar pHnya.

Cara Pakai:

Basahi wajah dengan air, tuangka Dewpre Cleansing Foam pada telapak tangan. Beri sedikit air pada tangan, lalu gosok-gosokkan hingga berbusa. Aplikasikan pada wajah yang telah dbasahi. Pijat halus scara perlahan dengan gerakan melingkar keluar. Lakukan kurang lebih 5 menit agar formula lebih meresap dengan baik. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih.

Final Review:

Dewpre Cleansing foam ini sudah kupakai 2 minggu ya, tapi untuk cleansing foam sebetulnya tidak perlu menunggu lama untuk direview karena first impression aja sudah ketahuan baalan enak atau tidak dikulit. Yang aku rasakan, Dewpre Tea Tree 5.5 Cleansing Foam ini nyaman dikulit, tidak licin atau greasy setelah diblas, keset tapi tetap lembab, dan menyegarkan. Karena kandungan tea tree nya itu juga makin nyaman untuk orang yang mudah berjerawat seperti aku. Satu lagi yang membuat aku suka yaitu ketika terkena area bibir masih aman (buka berarti aku mencuci bibir sekalian ya). Karena kuli bibirku super sensitif, kena sabun wajah nyerempet sedikit saja pasti langsung beruntusan di area bibir. Makanya ketika mencuci wajah, bibir selalu aku lipat kedalam untuk menghindari hal tersebut. Nah sempat beberpa kali ketika mencuci wajah memakai Dewpre Cleansing Foam ini, bibirku terkena juga tapi untung saja tidak ada efek bruntusan setelahnya. Jadi aku menyimpulkan, selain pHnya yang memang sesuai dengan kulit yaitu 5.5 dia juga super mild dan soothing efeknya kerasa banget.

Nilai:

9/10

Kalau orang bertanya facial foam yang cocok untuk segala jenis kulit, ya ini bisa jadi solusi.

Mungkin ditulisan kali ini aku fokus dengan Cleansing Foamnya saja, tapi untuk lebih detail tetang produk Dewpre lainnya, bisa cek postingan aku lainnya di blog ini ya. Untuk kepo lebih lanjut bisa cek Intgram @dewpreofficial. Find me on intagram too @ochix_zakiyah. Terimakasih sudah berkunjung.

#Dewpre #Teatree5.5 #Gentlecleanser #pHbalancecleanser #Dewpreofficial #KeepSkinNatural










You Might Also Like

7 komentar

  1. Sepertinya aku butuh ini, biar ph di wajah balance ❤❤

    BalasHapus
  2. Jadi pengen ngecek pH dari cleanser yang aku punya nih

    BalasHapus
  3. Ini enak banget ya mik. Punyaku da tinggal setengah. Suka puol aku saolnya enak buat kulit kering 😍

    BalasHapus
  4. Wiiw ada panduan cek warna kadar pH nya, keren bgt, aku juga klo cari cleanser yg pH nya rendah

    BalasHapus
  5. Aku belum.pernah cek.kadar PH cleanseer yang aku pakee, jadi pengen cek juga deh hihi

    BalasHapus
  6. Komprehensif pol reviewnya mik... aku baru engeh klo dia bakal jd foam klo dibusain ya

    BalasHapus
  7. Suka sama cara review kamu yg lengkap dan scientific. Untuk produknya sendiri, aku jd penasaran krn biasanya facial foam dg PH seimbang itu lbh gentle di aku.

    BalasHapus